Mengobati Sakit Otot Punggung

Sakit berlebihan yang menyebabkan rasa tidak nyaman di bagian belakang atau pinggang pasti menyebabkan individu itu sulit melakukan tugas harian.

Sakit belakang sebenarnya bukanlah sesuatu yang luar biasa karena bisa dikatakan hampir setiap individu mengalaminya tanpa mengenal faktor gender maupun usia.

Penyakit ini juga yang kedua paling sering menyerang manusia setelah penyakit flu menyebabkan hampir tidak ada seorang pun kebal dari merasakannya.

Namun aktivitas berat yang banyak dilakukan pria maupun wanita dewasa menyebabkan golongan ini dikatakan lebih sering menghadapinya.

Apakah penyebab sebenarnya rasa tidak nyaman sehingga menimbulkan sakit punggung?

Konsultan dan bedah ortopedi Dr Ahmad Ali mengatakan, dari segi medis sakit belakang berarti ketika seseorang merasa sakit atau tidak nyaman pada bagian bawah dada dan di sekitar pinggang.

Menurutnya, pada bagian belakang tubuh manusia tulang dibagi menjadi tiga bagian yaitu toraks, lumbar dan sakrum.

Pada bagian lumbar inilah terdapat lima tulang sementara antara tulang ini ada bantal (disc) yang memiliki fungsi antara tulang dan sendi.

“Masalah yang sering terjadi adalah pada daerah lumbal dan sakrum. Urat dan otot berfungsi menguatkan tulang untuk memastikannya berfungsi dengan baik, “katanya.

Dr Ahmad mengatakan, setiap tulang belakang memiliki empat sendi dan di tengahnya terdapat saraf besar.

“Saraf besar berfungsi untuk membawa saraf kecil ke kaki, pada bagian belakang tepi tulang belakang ada lubang untuk saraf kecil terus ke kaki.

“Diperkirakan 90 persen sakit punggung disebabkan sakit urat dan otot,” ujarnya.

Penyebab paling sering seseorang mengalami masalah sakit punggung ini dapat dibagi menjadi dua yaitu slipped disc atau prolapsed disc

Kondisi ini mengakibatkan sedikit bantal antara tulang meloncat keluar. Ketika ia keluar, ia menekan saraf. Saraf yang tertekan menimbulkan rasa sakit dan mati rasa.

Ia diumpamakan seperti sarung bantal robek dan menyebabkan isinya keluar.

Kondisi ini terjadi dalam kalangan individu yang berusia antara 20 sampai 40 tahun.

Penyebab

Mengangkat barang terlalu berat.

Gerakan tubuh yang tidak sesuai dengan tulang belakang.

Ada kalanya batuk atau bersin yang terlalu kuat juga dapat menyebabkan tekanan dalam perut meningkat justru, ia memberi tekanan pada bantal.

Selain itu ada penyebab lain rasa sakit belakang, bagaimanapun ia dikatakan agak jarang terjadi seperti:

Tumor

Cedera seperti patah

Penyakit anky losing spondilitis yang mengakibatkan tulang belakang menjadi keras

Infeksi kuman seperti kuman TBC (tuberculosis)

Ada kalanya sakit punggung juga bersumber dari organ yang ada di sekeliling seperti ginjal, lambung, saluran besar darah dan lain-lain.

Tanda

– Rasa sakit punggung yang dialami oleh individu dalam usia pertengahan biasanya datang dengan tanda akut (mendadak).

– Aktivitas seperti mengangkat barang yang terlalu berat terkadang menimbulkan rasa sakit langsung atau cedera pada otot atau urat.

– Sebaliknya dalam kalangan mereka yang berumur, penyakit spondilosis (kehausan tulang) tidak terjadi secara tiba-tiba, biasanya terjadi dalam waktu beberapa tahun.

Pengobatan Fisioterapi Pengobatan Bedah

Pengobatan obat-obatan seperti vitamin bertujuan mengurangi rasa sakit dan bengkak pada saraf. Sementara fisioterapi pula selain mengurangi bengkak dan rasa sakit, dengan menggunakan traksi ia dapat membantu melembutkan otot untuk melepaskan tekanan pada saraf.

Namun, mereka yang tidak merawat cedera tersebut tidak dapat memulihkan dan mengembalikan kekuatan asli mereka.

Operasi bertujuan untuk mengurangi tekanan pada saraf sehingga saraf tidak merasa sakit, juga untuk menguatkan tulang.

Ia juga membantu memulihkan tulang yang berubah dari posisi asli dan memperkuat tulang untuk mencegah rasa sakit.

Selain itu, konsumsi suplemen kesehatan untuk tulang dan otot yakni Triflex Capsule yang sangat efektif dalam mengobati sakit otot punggung. Silahkan KLIK DISINI ! untuk informasi selengkapnya.

Facebook Comments