Cara Mengistirahatkan Otot Setelah Berolahraga

Cara Mengistirahatkan Otot Setelah Berolahraga – Tidak salah jika Anda bekerja keras di pusat kebugaran untuk membesarkan otot tubuh Anda. Tapi jangan lupa untuk mengistirahatkan otot secukupnya untuk Anda tetap aktif. Anda baru saja menghabiskan latihan. Dapat dikatakan semua otot Anda berada dalam kondisi kurang nyaman. Meskipun sakit, Anda mungkin puas karena mampu menghabiskan rezim latihan dengan begitu dedikasi.

Cara Mengistirahatkan Otot Setelah Berolahraga

Namun, satu hal penting yang Anda lupa adalah untuk mengistirahatkan otot (muscle relaxation). Bukan saja Anda perlu merangsang otot untuk tumbuh, tetapi otot juga membutuhkan istirahat secukupnya untuk pulih dan menjadi semakin kuat. Di sini, ada beberapa cara untuk mengistirahatkan otot setelah berolahraga.

1. Bernafas

Idealnya, teknik bernafas dilakukan ketika proses pemanasan atau pendinginan tubuh dalam sesi latihan. Fokuskan kepada cara mengontrol pernapasan. Tarik nafas dengan dalam dan perlahan, bilang sampai 4: 4 detik dan lepaskan. Lakukan beberapa kali. Ketika menghembuskan napas, bayangkan segala ketegangan dan energi negatif mulai keluar dari tubuh. Bernapas sebegini dapat membantu meningkatkan tingkat kepekaan tubuh dan pikiran, selain memfokuskan energi Anda ke proses mengistirahatkan otot.

2. Latihan peregangan

Latihan peregangan sering diabaikan sedangkan ia sangat kritis dalam memulihkan dan mengurangi kejang otot. Lakukan latihan peregangan setelah latihan ketika otot masih berada di tingkat ‘hangat’ dan senang dilenturkan. Tahan setiap peregangan dalam jumlah 15 sampai 30 detik. Lakukan sampai Anda merasa otot nyaman dan tidak lagi sakit.

3. Tidur

Siapa yang tidak menginginkan tidur malam yang nyenyak? Tidur tidak hanya penting untuk kesehatan mental, bahkan ia memberikan otot istirahat yang cukup. Mengurangi waktu tidur akan memperlambat proses pemulihan, selain otot dapat menjadi sakit dan tegang. Pastikan Anda tidur setidaknya tujuh jam sehari. Jika waktu mengizinkan, lelapkan mata sejenak selama 20 menit pada malam hari.

4. Perencanaan waktu yang tepat

Tidak peduli berapa banyak waktu yang dialokasikan untuk latihan, jika jadwal harian tidak diatur sebaiknya, otot Anda tidak akan dapat pulih secara optimal. Hasilnya, Anda akan merasa sakit dan otot menjadi tegang. Ketika merencanakan untuk bergabung setiap latihan berat, pastikan Anda memiliki waktu setidaknya selama sehari untuk mendapatkan istirahat secukupnya. Berikan perhatian khusus pada otot seperti trisep dan bisep, pastikan Anda tidak terlebih dalam latihan yang disediakan.

5. Pijat

Pijat adalah antara cara terbaik untuk meredakan otot. Dapatkan layanan urutan dari mereka yang benar-benar ahli dan lakukan urutan seluruh tubuh. Teknik ini dapat meringankan jaringan internal otot yang sulit dilegakan melalui metode harian lain seperti latihan peregangan. Ketika memijat, fokuskan juga pada teknik pernapasan sehingga otot menjadi lebih nyaman.

Baca juga : Kesalahan Dalam Proses Membangun Otot Tubuh

6. Mandi sauna

Mandi sauna meningkatkan suhu tubuh, sekaligus melancarkan peredaran darah, selain membawa lebih banyak oksigen dan nutrisi ke otot. Sebaiknya, pemandian sauna dilakukan setelah habis latihan atau beberapa jam kemudian. Teknik ini juga merupakan cara yang baik untuk rileks dan menenangkan tubuh secara psikologis. Luangkan waktu selama 10 sampai 15 menit, tetapi jangan terlalu lama untuk menghindari tubuh menjadi terlalu lelah. Jika Anda ingin, lakukan juga latihan peregangan yang singkat, mengingat otot berada dalam kondisi sangat fleksibel.

7. Meditasi

Selain bagus untuk menghilangkan stres, meditasi juga dapat merilekskan otot. Lakukan meditasi sebelum tidur karena dapat memfokuskan energi mental dan menyediakan tubuh untuk beristirahat. Duduk di dalam kamar yang gelap, sunyi dan duduk dengan kaki bersilang. Bisa juga berbaring saja dan atur pernafasan. Coba tenangkan pikiran sebaiknya. Setelah pikiran Anda tenang, bayangkan otot itu menegang dan menjadi lega. Tarik napas sedalamnya dan bangun perlahan-lahan. Otot pasti akan lega dan tubuh berada dalam kondisi tenang.

8. Minum teh hijau

Diet ini cukup mudah dilaksanakan dan dimasukkan ke dalam rutinitas harian. Teh hijau mengandung banyak unsur antioksidan yang berperan menghilangkan elemen radikal bebas yang memberi dampak buruk pada tubuh.

9. Akupuntur

Pengobatan Cina kuno ini juga dapat diaplikasikan. Seorang ahli akupuntur terlatih tahu semua titik tekanan pada tubuh yang dapat melegakan otot. Dapatkan ahli akupuntur terakreditasi ketika otot Anda berada dalam kondisi kurang nyaman dan pastikan pengobatan dilakukan dengan benar.

10. Latihan kardio ringan

Setelah mengangkat beban yang berat, lakukan latihan kardio ringan untuk meregangkan otot. Ia mampu meningkatkan sirkulasi darah, memulihkan otot dan mencegah otot dari terus kejang. Mencoba berjalan di atas treadmill atau bersepeda secara ringan selama 10 sampai 15 menit setelah berakhirnya sesi latihan. Ingat, pastikan latihan kardio ini tidak menjadi tekanan tambahan pada tubuh.

Setelah melakukan sesi latihan, pastikan Anda mengistirahatkan otot. Masukkan teknik-teknik di atas ke dalam rutinitas harian, otot Anda tentu akan pulih dan lega dengan lebih cepat.

Facebook Comments