Kesalahan Dalam Proses Membangun Otot Tubuh

Kesalahan Dalam Proses Membangun Otot Tubuh – Menambah otot adalah perkara mudah jika Anda memiliki pengetahuan dan disertai dengan kerja keras. Tapi jika memiliki program yang tepat, akan tetap dengannya pun bukan mudah.

Kesalahan Dalam Proses Membangun Otot Tubuh

Kesalahan Dalam Proses Membangun Otot Tubuh

1. Tidak Cukup Latihan
Anda mungkin berpikir sudah cukup parah berlatih, tapi apakah tubuh Anda benar-benar sampai ke limit? Untuk merangsang pertumbuhan otot, otot harus dipalu sampai limit sehingga meransang otak menerima sinyal yang menstimulasi untuk pertumbuhan otot untuk persiapan latihan berikutnya.

Ini untuk mereka yang tidak memakai bantuan luar seperti obat olahraga. Banyak yang saya lihat, bahkan berlatih kaki, tapi masih senang bergerak seolah-olah tidak ada apa.

2. Latihan Terlalu Panjang
Banyak yang berpikir, jika berlatih lama lagi bagus. Benarkah? Saya selalu melihat mereka yang berlatih sampai 3-4 jam sehari. Untuk apa? Korang takde kehidupan lain ke kat luar? Latihan yang bagus cuma membutuhkan waktu 45-60 menit. Ada pelatihan dapat berlatih secara berpasangan. Tapi jika menargetkan bakar lemak dan berpasangan, memang kesalahan besar.

Ini karena dengan berpasangan, waktu istirahat bertambah. Untuk bakar lemak, kita membutuhkan waktu istirahat minimal sekitar 10 detik, bukan 3 menit. Biasanya, yang jadi sampai 3-4 jam karena berlatih sampai 3-4 pasangan atau pun terlalu banyak borak di dalam gym.

3. Makan Terlalu Banyak
Saya ingat lagi, ketika saya baru mulai berolahraga dahulu, saya diajarkan untuk makan sebanyak mungkin. ‘Ukuran’, kata pelatih saya dahulu. Benarkah? Tidak benar sama sekali, seeloknya makan sesuai kebutuhan. Jika membutuhkan 4000 kalori sehari tapi kita makan 6000 kalori per hari, yang lebih akan ke mana? Akan disimpan di perut.

Baca juga : Manfaat Wedang Jahe Untuk Mengatasi Nyeri Otot

Jika untuk membesarkan badan, buat penambahan 300-500 kalori atau sekitar 10% penambahan, bukan kelebihan 2000-3000 kalori atau dalam bahasa mudahnya, mengambil kalori makanan melebihi kebutuhan. Ketika membesarkan badan dapat ikut diet 50:30:20, karbohidrat: protein: lemak.

4. Tidak Cukup Istirahat
Istirahat yang indah adalah sekitar 72 jam untuk bagian otot yang besar dan 48 jam untuk otot-otot kecil. Sementara tidur kualitas adalah sangat penting untuk pemulihan. Tidur minimal 8-10 jam sehari untuk pemulihan maksimum.

5. Tidak Cukup Latihan Dasar
Tetap pada latihan dasar seperti squat, deadlift, bench press untuk memperkuat dasar. Latihan ini adalah gerakan kompoun yang menggunakan lebih dari satu sendi dan melibatkan banyak otot besar. Mereka memiliki pengaruh besar dalam meransangkan serat otot untuk pertumbuhan.

6. Kurang Motivasi
Untuk sukses, Anda harus menjadi orang yang mampu bekerja keras berulang kali untuk satu jangka waktu panjang. Konsistensi adalah rahasia keberhasilan. Anda harus memiliki sesuatu yang memberi Anda semangat berkelanjutan untuk ke gym, mungkin karena sesuatu, atau mungkin ditantang, dan lain-lain.

7. Tidak Menetapkan Tujuan dan Tenggat
Dalam bekerja, jika tidak ada tanggal akhir untuk siapkan sesuatu kerja, biasanya kita akan melambat-lambatkannya. Begitu juga dalam gym, jika kita tidak mengundurkan sasaran, akan jadi bagaimana? Berapa besar? Berapa kuat? dan bila target kita? susah untuk cecah apa yang diharapkan. Berlatih bertahun-tahun tetapi tidak ada tujuan yang jelas.

8. Tidak Bertanding
Bertanding tidak semestinya bertanding di atas panggung atau masuk kompetisi. Bertanding paling kurang pun dengan diri sendiri. Bagaimana tubuh kita dua bulan lalu dibanding sekarang?

Atau bagaimana hasil diet tahun lalu jika dibandingkan dengan tahun ini. Bagi mereka yang bertanding di atas panggung, bisa membedakan apa bedanya tahun lalu dan tahun ini. Saya sering lihat, mereka yang bertanding setiap tahun, badan sama je, tidak ada perubahan.

Facebook Comments