Makanan Untuk Mengurangi Nyeri Otot Setelah Berolahraga

nyeri otot pasca olahragaNyeri otot usai melakukan olahraga memang sudah lazim terjadi. Tentunya ini akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari anda. Banyak cara untuk meminimalisir atau bahkan menghilangkan nyeri otot, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang dapat mengurangi nyeri otot. Berikut makanan yang dapat membantu meringankan nyeri otot anda :

Buah Ceri

Menurut penelitian dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition, mengonsumsi buah ceri satu minggu dan dua hari setelah berolahraga berat dapat mengurangi pegal lho. Ini karena Buah ceri banyak mengandung zat anti inflamasi yang mampu meredakan nyeri otot setelah berolahraga.

Ikan

Ikan mengandung protein dan asam lemak esensial yang mampu mengurangi peradangan dan mengurangi nyeri otot. Untuk alternatif, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen minyak ikan.

Kacang

Semua jenis kacang mengandung vitamin E yang sangat baik untuk meredakan nyeri otot. Mengonsumsi kacang bisa mengembalikan tenaga otot, melawan nyeri, dan mengobati cedera jaringan otot.

Buah Beri

Selain bisa mengurangi nyeri otot, mengonsumsi raspberry, blackberry, dan blueberry yang kaya antioksidan polifenol juga bisa melindungi cedera sel lainnya yang bisa menyebabkan kanker. Tak harus dimakan utuh, Anda juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus.

Telur

Makanan yang kaya protein dan vitamin D ini mampu melawan nyeri otot dan membantu regenerasi otot. Namun Anda juga harus membatasi konsumsi kuning telur untuk menjaga kadar kolesterol. Oleh sebab itu, iringi juga dengan mengonsumsi susu rendah lemak yang kaya vitamin D.

Sereal Gandum

Rasa pegal usai olahraga timbul akibat glikogen yang berkurang. Mengonsumsi sereal gandum setelah olahraga dapat mengembalikan pasokan glikogen dalam tubuh. Kandungan karbohidrat dalam sereal gandum juga penting untuk mengembalikan energi untuk menghindari kantuk.

Baca Juga : Pengobatan Nyeri Otot

Facebook Comments