Nyeri Otot Pinggang

Nyeri Otot Pinggang,- Semua orang pasti pernah menderita nyeri otot pinggang pada suatu waktu dalam hidupnya. Nyeri otot pinggang adalah nyeri yang umum dirasakan oleh manusia dan sangat mungkin juga oleh semua semua makhluk yang banyak melakukan aktivitasnya dalam posisi berdiri. Kerusakan pada salah satu atau beberapa otot dan jaringan syaraf pada tulang belakang dapat menimbulan rasa nyeri yang dirasakan sebagai nyeri pinggang. Bergantung pada sebabnya, nyeri otot pinggang dapat diraskan sebagai perasaan pegal sampai nyeri tajam yang tidak tertahankan sehingga dapat menyebabkan gangguan aktivitas kehidupan sehari hari.

nyeri otot pinggangNyeri otot pinggang biasanya disebabkan oleh  cederanya otot. Cedera ini terjadi  ketika mengangkat beban yang berlebihan dan dengan cara yang salah. Biasanya orang akan mengangkat beban yang berat tersebut dengan membungkuk sehingga beban terhadap otot pinggang menjadi besar. Apalagi otot yang tidak terlatih akan lebih mudah mengalami cedera. Cedera yang terjadi bisa berupa regangan yang berlebihan pada otot atau bahkan bisa sampai robek.

Cedera bisa juga disebabkan karena terjatuh, gerakan berputar pada pinggang yang tiba-tiba, atau latihan otot pinggang yang berlebihan. Selain cedera, nyeri bisa juga disebabkan oleh  otot yang tegang terus menerus. Biasanya hal ini dialami oleh pekerja kantoran yang duduk di belakang meja  untuk waktu yang lama. Otot pinggang belakang  berfungsi untuk menyokong tubuh bagian atas ketika duduk maupun berdiri. Duduk tidak tegak dan tidak  bersandar pada sandaran kursi, akan membuat otot pinggang belakang berkontraksi terus menerus sehingga otot mengalami keletihan. Postur  tubuh yang abnormal seperti skoliosis (susunan tulang belakang tidak lurus dan membentuk huruf S), atau bungkuk dapat menyebabkan hal yang sama.

Gejalanya yang paling sering diderita biasanya nyeri. Nyeri ini bisa dirasakan tiba-tiba, atau bertahap makin lama makin sakit. Berat ringannya nyeri tergantung seberapa parah  regangan atau robekan yang terjadi. Makin besar robekan, nyeri yang dirasa juga makin hebat. Peradangan yang terjadi menyebabkan otot bengkak dan bertambah tegang. Hal ini menyebakan nyeri bertambah hebat pada hari-hari pertama.  Nyeri terjadi dapat disertai dengan rasa tegang, kaku atau kelemahan pada otot tersebut.

Facebook Comments